5 Kerusakan Bila Mematikan Komputer Tidak Dengan Cara di Shutdown

Selasa, Juli 4th, 2017 - Artikel Lepas, Tips, Tutorial

5 Kerusakan Bila Mematikan Komputer Tidak Dengan Cara di Shutdown

Teknosuka.comNah guys, kalian pasti sering bukan mematikan komputer ataupun laptop dengan sembarangan ? jika tidak syukurlah. Dan, kalo kalian pernah memaikan komputer maupun laptop dengan sembarangan kalian harus hati-hati.

Untuk mematikan komputer maupun laptop secara aman adalah dengan cara di shutdown, sesuai aturan yang berlaku, hehe. Tapi bagaimana dengan cara menekan langsung tombol power secara lama hingga mati “mati paksa” ? kira-kira apa yang akan dampaknya ?

5 Kerusakan Bila Mematikan Komputer Tidak Dengan Cara di Shutdown

5 Kerusakan Bila Mematikan Komputer Tidak Dengan Cara di Shutdown

Nah maka dari itu, penting bagi kalian untuk mengetahui alasan kenapa mematikan komputer ataupun laptop dengan cara di shutdown.

5 Kerusakan Bila Mematikan Komputer Tidak Dengan Cara di Shutdown

1. Terjadi Kerusakan pada Power Supply

Pada saat proses shutdown, prosesor memberikan perintah pada bios berupa penghentian segala aktifitas komponen, sehingga arus atau daya yang masih terpakai akan terputus secara normal. Namun jika kalian mematikannya secara paksa arus akan terputus secara tidak normal.

2. Bisa Mengakibatkan Kerusakan pada Prosesor

Pada saat proses Shutdown, fan pada komputer secara maksimal akan mendinginkan prosesor. Nah, jika proses mematikannya secara paksa proses pendinginan tidak akan bekerja secara normal / biasanya. Dan lama-kelamaan akan merusak prosesor juga.

3. Bisa merusak RAM

Pada saat proses Shutdown, sistem memori akan dikosongkan, dengan kata lain pada saat komputer dinyalakan kembali, memori akan dalam keadaan refresh. Dan jika kalian mematikannya secara paksa besar kemungkinan akan merusak memori.

4. Registry jadi Berantakan

Pada saat proses Shutdown, komputer akan meregistrasi ulang komponen-komponen komputer yang telah terpakai, sofware serta data-data yang dipakai atau yang telah dihapus. Dan jika mematikannya secara paksa, maka semua aktifitas yang dilakukan komputer tidak akan tersimpan kedalam registry.

5. Kemungkinan Hardisk akan Mengalami Bad Sector

Pada saat proses Shutdown, komputer akan menyimpan semua proses yang terjadi kedalam Hard Disk. Kalian bisa membayangkan, jika sedang daalam pemakaian (proses bekerja) tiba-tiba komputer anda matikan. Jika hal tersebut anda lakukan, besar kemungkinan akan terjadi kerusakan pada silinder Hard Disk (bad sector) atau sering disebut Hard Disk Bad Sector. (Baca juga Apa itu Hard Disk Bad Sector dan cara mengatasinya)

Nah itu tadi 5 Kerusakan Bila Mematikan Komputer Tidak Dengan Cara di Shutdown. Jadi jangan sekali-kali mematikan komputer dengan cara paksa, karena itu akan berdampak buruk. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca.

Baca juga …
>> 10 Cara Meningkatkan Sinyal WiFi
>> Cara Root Hp Android Menggunakan Framaroot Langsung Dari Hp
>> Tips, Cara Mengetahui IP Address Komputer Orang Lain
>> Nge-Charge Smartphone dengan Charger Lain Sebenarnya Boleh Lho !

Kerusakan Bila Mematikan Komputer Tidak Dengan Cara di Shutdown, stand by merupakan cara komputer atau mematikan sementara komputer, cara menghidupkan dan mematikan komputer, cara mematikan komputer, akibat mematikan komputer tidak sesuai prosedur, efek mematikan laptop secara paksa,