Nge-Charge Smartphone dengan Charger Lain Sebenarnya Boleh Lho !

Jumat, Februari 17th, 2017 - Artikel Lepas, Smartphone, Tips

Nge-Charge Smartphone dengan Charger Lain Sebenarnya Boleh Lho !

TEKNOSUKA.COM – Mungkin bagi sebagian orang berpendapat bahwa menggunakan Charger pada Smartphone yang bukan Charger aslinya itu tidak baik. Hal tersebut karena beberapa asumsi bahwa dapat merusak baterai Smartphonelah, dan inilah dan itu. Nah kalian pasti penasaran bukan, kenapa bisa boleh.

Ketakutan yang kerapkali menghantui para pengguna Smartphone adalah pada Ampere pada charger yang tidak pasti sama dengan charger aslinya. Smartphone dengan Arus 1 Ampere jika diisi degan charger berarus 2 Ampere, maka arus yang masuk akan sesusi dengan kebutuhan Smartphone, yakni 1 Ampere.

Nge-Charge Smartphone dengan Charger Lain

Hal ini tentu saja sesuai dengan Ilmu Elektronika Dasar, yang berbahaya adalah jika Voltase Charger-nya lebih besar. Sebagian besar, charger pada smartphone sekarang ini menggunakan hasil output sebesar 5 Volt, jadi tidak perlu khawatir lagi. Karena yang membedakan adalah Resistansinya, Resistor dalam Charger yang membedakan berapa Arus (Ampere) yang akan dikeluarkan oleh si Charger.

Nge-Charge Smartphone dengan Charger Lain Sebenarnya Boleh Lho !

Nge-Charge Smartphone dengan Charger Lain Sebenarnya Boleh Lho !

Apa efek dari pemakaian charger dengan Ampere lebih tinggi ?

Hal ini tentu saja tidak ada efeknya. Kenapa ? Sirkuit listrik pada Smartphone sebenarnya hanya memasukan arus yang memang dibutuhkan saja. Namun, ada beberapa Smartphone yang memang dirancang untuk menerima arus yang lebih besar. Hal ini dimaksudkan agar cepat terisi penuh, dan hal tersebut tetap aman.

Apa efek dari pemakaian charger dengan Ampere lebih rendah ?

Nah, yang banyak tidak dimengerti bagi para pengguna Smartphone adalah hal yang satu ini. Sebenarnya  mencharger dengan Ampere lebih rendah pada Smartphone itu tidak dianjurkan. Efeknya tentu saja charging yang lebih lama dan ada kemungkinan terjadinya ketidak seimbangan arus yang diterima.

Bagaimana dengan Charger Kodok?

Hal ini sebenarnya juga tidak dianjurkan. Yang perlu anda ketahui dari charger kodok belum tentu mampu mengendalikan arus listrik yang masuk ke baterai. Efek terburuk dari penggunaan charger kodok ini adalah terjadinya kebocoran pada baterai, atau baterai yang menggelembung, bahkan bisa juga meledak.

Bagaimana ngecharger dengan Port USB di PC atau Laptop?

Nah kalo ini, jawabannya boleh ga boleh ! maksudnya ?
Port USB pada sebuah PC atau Laptop pada umumnya mengeluarkan Arus 0.5 Ampere saja. Dan untuk boleh atau tidaknya, itu tergantung pada Smartphone anda. Smartphone model terbaru biasanya memiliki dua model Charging, yaitu menerima Arus 2 Ampere dan 0.5 Ampere.

Jangan pakai charger murahan bro !

“Eh lagi ada charger murah lho, cuma 15 ribuan lho. nih aku dah beli”
Nah yang satu ini sering kali dipraktekan oleh sejumlah oknum pengguna Smartphone yang kurang waspada. Padahal untuk charger murahan biasanya tidak bisa menjamin kesetabilan arus listrik.

Baca juga …
>> 10 Cara Meningkatkan Sinyal WiFi
>> Cara Root Hp Android Menggunakan Framaroot Langsung Dari Hp
>> Tips, Cara Mengetahui IP Address Komputer Orang Lain
>> Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector


Pencarian : Nge-Charge Smartphone dengan Charger Lain, Nge-Charge Smartphone Menggunakan Charger Lain, Nge-Charge Smartphone dengan charger yang bukan aslinya, Akibat Nge-Charge Smartphone sembarangan, dampak Nge-Charge Smartphone sembarangan, Akibat Nge-Charge Smartphone dengan Charger Lain.